SIM8 2022
Conference Management System
Main Site
Submission Guide
Register
Login
User List | Statistics
Abstract List | Statistics
Poster List
Paper List
Reviewer List
Presentation Video
Online Q&A Forum
Access Mode
Ifory System
:: Abstract ::

<< back

STUDI IMPLEMENTASI HEALTH ENVIRONMENT PADA DESAIN RUMAH SAKIT
Muhammad Azka Syafaatullah

Universitas Trisakti


Abstract

Rumah Sakit merupakan bangunan kesehatan yang menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang seperti rawat inap, rawat jalan, instalasi gawat darurat, dan lain-lain. Healing Environment merupakan tema rancangan yang memanfaatkan lingkungan sekitar bangunan yang dapat membantu proses pemulihan pasien, oleh karena itu Lingkungan Rumah Sakit diharapkan dapat memberikan energi yang positif, optimis, dan semangat yang diharapkan dapat turut membantu dalam proses pemulihan pasien.
Terdapat 3 pendekatan yang digunakan dalam menerapkan Healing Environment (Murphy 2008), yaitu : (1) Pendekatan Alam, (2) Pendekatan Indera, dan (3) Pendekatan Psikologis. Ketiga pendekatan tersebut memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda-beda tetapi memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lain. Menghadirkan unsur alam kedalam desain baik interior maupun eksterior diharapkan dapat membantu dalam mempercepat proses pemulihan pasien dikarenakan alam dapat memberikan energi positif terhadap psikologi manusia. Menurut Jones (dalam Kurniawati, 2007), lingkungan memiliki peran yang besar dalam membantu proses pemulihan pasien yang dimana memilki presentase sebesar 40%, sedangkan faktor medis hanya memiliki sebesar 10%, Faktor genetis 20% dan faktor lainnya 30%.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasi tema healing environment kedalam desain bangunan. Metode penelitian ini menggunakan metode studi pustaka yang dimana data-data yang telah dikumpulkan akan dianalisis terlebih dahulu untuk ditarik menjadi kesimpulan yang menjadi pedoman dalam analisis perancangan. Hasil penelitian ini adalah penerapan healing environment dalam desain bangunan rumah sakit yang menerapkan ketiga pendekatan tersebut

Keywords: Rumah Sakit, Kesehatan, Healing Environment, Lingkungan

Topic: Penerapan Konsep Desain pada Rancangan Lingkungan Terbangun

Plain Format | Corresponding Author (Muhammad Azka Syafaatullah)

Share Link

Share your abstract link to your social media or profile page

SIM8 2022 - Conference Management System

Powered By Konfrenzi Ultimate 1.832M-Build6 © 2007-2024 All Rights Reserved