SIMNASKP 2023
Conference Management System
Main Site
Submission Guide
Register
Login
User List | Statistics
Abstract List | Statistics
Poster List
Paper List
Reviewer List
Presentation Video
Online Q&A Forum
Access Mode
Ifory System
:: Abstract ::

<< back

Karakteristik mikroplastik pada organ ikan Argyrosomus japonicus (Awon awon) dan Scomber australasicus (Selengseng) yang didaratkan di PPN Prigi, Jawa Timur
Syarifah Hikmah Julinda Sari(a)-Defri Yona(a*)- Ledhyane Ika Harlyan(a)- Mochammad Arif Zainul Fuad(a)- dan Yuniar Ponco Prananto(b)

(a)Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya
*defri.yona[at]ub.ac.id
(b)Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya


Abstract

Keberadaan mikroplastik memiliki sifat yang sulit terdegradasi berpotensi untuk terakumulasi di berbagai organ ikan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi karakteristik mikroplastik yang ditemukan di organ ikan Argyrosomus japonicus (Awon awon) dan Scomber australasicus (Selengseng) yang didaratkan di PPN Prigi, Jawa Timur. Sebanyak 10 ikan Awon awon dan Selengseng dipilih sebagai sampel, kemudian mikroplastik pada organ insang, saluran pencernaan dan daging diektraksi dengan larutan H2O2 dan Fe(II). Hasil penelitian menunjukkan jenis fiber dan fragmen ditemukan pada kedua ikan dimana jenis fiber lebih tinggi daripada fragmen. Kelimpahan fiber tertinggi di daging, diikuti oleh insang dan paling kecil di saluran pencernaan di ikan Awon awon. Pada ikan Selengseng, kelimpahan mikroplastik jenis fiber tertinggi ditemukan pada insang, daging dan saluran. Penelitian ini menemukan keberadaan mikroplastik jenis fiber di daging ikan, sehingga penelitian lanjutan tentang dampak konsumsi ikan yang mengandung mikroplastik pada manusia perlu dilakukan.

Keywords: mikroplastik-ikan komersial-organ-fiber

Topic: Aquatic Pollution and Ecotoxicology

Plain Format | Corresponding Author (Syarifah Hikmah Julinda Sari)

Share Link

Share your abstract link to your social media or profile page

SIMNASKP 2023 - Conference Management System

Powered By Konfrenzi Premium 1.832M-Build6 © 2007-2024 All Rights Reserved