SIMNASKP 2023
Conference Management System
Main Site
Submission Guide
Register
Login
User List | Statistics
Abstract List | Statistics
Poster List
Paper List
Reviewer List
Presentation Video
Online Q&A Forum
Access Mode
Ifory System
:: Abstract ::

<< back

Meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dengan pembentukan kelompok DESTANA (Desa Siaga Bencana) di desa Sinorang Kecamatan Batui Selatan Kabupaten Banggai - Sulawesi Tengah
Mohammad Syakir 1 , Cut Desy Ariani 1, Abdil Halimis Stani 1 , Atma Agus Hermawan 1 , Samsu Adi Rahman 2

1) JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi, Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah
2) Universitas Muhammadiyyah Luwuk, Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah


Abstract

Kabupaten Banggai merupakan salah satu kabupaten yang memiliki tingkat kerawanan bencana alam yang cukup tinggi. Bencana alam seperti banjir, gempa bumi, abrasi pantai, tanah longsor bahkan tsunami sudah pernah terjadi. Dari data BNPB kab. Banggai tercatat sebanyak 83 bencana sudah terjadi sejak thn 2018 sampai saat ini. Bencana tersebut menimbulkan kerugian baik dari segi materi maupun korban jiwa.
JOB Tomori merupakan salah satu perusahaan migas yang beroperasi di 2 blok migas yakni Blok Senoro yang berada di kabupaten Banggai dan blok Toili yang terletak di kabupaten Morowali Utara. Melalui program pemberdayaan masyarakatnya (CSR) JOB Tomori merasa terpanggil untuk membantu penanggulangan bencana alam yang sering terjadi di wilayah operasionalnya. Bekerjasama dengan BNPB kabupaten Banggai JOB Tomori menginisiasi pembentukan kelompok DESTANA (Desa Siaga Bencana) di desa Sinorang. Salah satu tujuan pembentukan kelompok DESTANA ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam. Data awal menunjukkan tingkat pemahaman masyarakat terhadap kesiapsiagaan bencana hanya sebesar 23%. Setelah pembentukan kelompok DESTANA dan serangkaian kegiatan pelatihan penanggulangan bencana, dari hasil survey menunjukkan tingkat pengetahuan masyarakat akan kesiapsiagaan bencana meningkat hingga 75%.

Keywords: DESTANA, Kesiapsiagaan, Pemberdayaan, Kebencanaan, CSR

Topic: Natural Disaster Mitigation and Adaptation

Plain Format | Corresponding Author (Mohammad Syakir Syakir)

Share Link

Share your abstract link to your social media or profile page

SIMNASKP 2023 - Conference Management System

Powered By Konfrenzi Premium 1.832M-Build6 © 2007-2024 All Rights Reserved